Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. John Palandung, M.Si wakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam Rapat Koordinasi Sistem Simpul Jaringan Daerah yang dilaksanakan di Manado, Senin (13/11/2017).

Palakat.Com – Berbagai keunggulan produk yang dimiliki kabupaten dan kota di Sulawesi Utara harus dimanfaatkan dan dikelola secara maksimal. Hal itu disampaikan Olly Dondokambey, SE dalam sambutan yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. John Palandung, M.Si pada rapat koordinasi sistem simpul jaringan daerah yang dilaksanakan di Manado, Senin (13/11/2017) pagi.

“Pemerintah daerah dapat secara maksimal memanfaatkan dan mengelola berbagai keunggulan produk yang dimilikinya, sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteran rakyat,” katanya.

Oleh karena itu, menurut Gubernur Olly, untuk mengakomodir pengembangan produk unggulan daerah se-Sulut harus didukung sistem simpul daerah.

“Realisasi sistem simpul jaringan daerah nantinya diharapkan mampu mendorong lahirnya sistem pengembangan produk-produk unggulan daerah yang tepat sasaran, di tengah ketatnya persaingan antar provinsi bahkan negara,” ujarnya.

Lebih jauh, masih dalam sambutan, Olly menerangkan, skenario sistem yang berkelanjutan mampu menguatkan kualitas produk-produk unggulan daerah. “Sekaligus menjadi mata rantai pengembangan produk unggulan daerah sejak tahap perencanaan, produksi, peningkatan kualitas, alih teknologi, inovasi serta distribusi pemasaran produk unggulan,” imbuhnya.

Diketahui kegiatan tersebut merupakan kerjasama Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Sulut dengan TP-PKK Sulut. Inisiatif untuk menggandeng TP-PkK sebagai mitra kerja merupakan langkah strategis yang hatus diapresiasi karena TP-PKK secara kapasitas dan organisatoris merupakan organisasi yang berada pada semua jenjang pemerintahan baik tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kota hingga desa serta kelurahan.

Adapun, pertemuan itu turut dihadiri Kepala Bapelitbangda, dr. Jemmy J.R. Lampus, M.Kes, Staf Ahli Bidang SDM Dra. Lynda Deasy Wantania, M.Si, pengurus PKK Sulut Mareyke Moningka, dan perwakilan dari kabupaten serta kota di Sulut.* (hum)

KOMENTAR ANDA

Please enter your comment!
Please enter your name here